Rabu, 23 Oktober 2013

PENTINGKAH AKUNTANSI.. ????

Saya mengenal seorang anak kecil yang saat ini duduk di kelas 4 SD, ia mendapat uang bulanan dan kadang juga di beri uang harian oleh ayah dan Ibunya. Setiap pagi sebelum ia berangkat kesekolah ia bergegas untuk mengambil sebuah buku yang ia sebut sebagai “Buku Jujurku”, dan sepulang sekolah pun demikian ia terus saja menghadap ke buku tersebut. Sepertinya buku itu sangat penting bagi dia.


Lama mengamati kebiasaanya tersebut, suatu hari tantenya yang baru datang dari luarkota menanyakan kepadanya, apa yang sedang kau lakukan ? buku apa itu? dia mengatakan kalau buku ini adalah barang yang sangat berharga bagi dia, tetapi bukan intinya pada buku itu tapi tulisan yang ia tulis dalam buku itu.


Saat ia menunjukkan buku itu, tantenya sangat kaget, ternyata buku itu BUKAN Diary, didalamnya Cuma ada 4 kolom; No., Keterangan, Debet, Kredit. WOW, hal yang sangat tidak biasa. Waktu tantenya mengatakan, apa kau mengerti apa itu debet dan kredit , dia Cuma menggeleng2kan kepalanya, dan ia Cuma menjawab “kalo Debet aku isi uang yang dikasih ayah dan ibu, kalo kredit aku isi kalau aku sedang membeli keperluanku.

Dari cerita diatas, saya mengambil kesimpulan tentang AKUNTANSI, dimana AKUNTANSI berperan penting dalam menata kehidupan Manusia, dalam rumah tangga, usaha, bisnis, hampir seluruh aspek kehidupan memerlukan AKUNTANSI. Fungsi utama AKUNTANSI adalah sebagai informasi keuangan. Dari laporan AKUNTANSI kita bisa melihat posisi  keuangan serta perubahan yang terjadi didalamnya dan dari situlah kita dapat mengambil keputusan untuk pengelolaannya.

Dewi
-Bahana Institute-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRAINING MASTERY "MAHIR MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN SOFTWARE AKUNTANSI"

Di zaman canggih dan digital sekarang ini, Sistem informasi menjadi sangat penting untuk membantu memudahkan setiap pekerjaan. Bidang Akunta...