Senin, 07 Oktober 2013

VICKYNISASI DAN AKUNTANSI

Akhir-akhir ini Youtube di hebohkan dengan munculnya Video berdurasi sekitar  satu menit Vicky Prasetyo dengan Zaskia Gotik, apa yang menarik dari video tersebut?, Tentunya adalah Gaya Bahasa yang diucapkan oleh Vicky Prasetyo, ada beberapa kata yang dikeluarkan seperti  29 my age, kontraversi hati, konspirasi kemakmuran, kudeta, mempertakut, mempersuram statusisasi kemakmuran, dan labil ekonomi . Kata-kata tersebut kalau diteliti dengan seksama sebenarnya tidak sesuai dengan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar. 

Apa hubungan dengan Akuntansi?

Penggunaan istilah dalam akuntansi, ada kata yang kelihatannya memiliki arti yang sama, sehingga dalam menafsirkan mana kata tersebut, kita menganggap artinya pun juga sama. Misalnya, biaya dan beban. Banyak yang mengasumsikan arti beban dan biaya ini adalah sama, namun sebenarnya artinya tidak sama. Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) biaya (Cost) adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang dinyatakan dalam  satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi, yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal. Sedangkan beban (expense) adalah pengurangan dari pendapatan yang akan menghasilkan laba bersih pada laporan laba/rugi. 

Pelaku Bisnis, Praktisi, Akuntan, Mahasiswa maupun pelajar  diharapkan harus mampu membedakan setiap istilah dalam Akuntansi. Tidak asal menggunakan istilah-istilah itu dalam praktek akuntansi. Alhasil pemahaman istilah ini akan memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan. 

Ini harus dilakukan, mengingat sekarang adalah zaman global dan sudah semakin banyak muncul perangkat lunak yang menggunakan bahasa asing dimana menuntut kita untuk memahami dunia bisnis, sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lain. 



Yunti Limbong
Senior System Consultant - Bahana Consulting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRAINING MASTERY "MAHIR MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN SOFTWARE AKUNTANSI"

Di zaman canggih dan digital sekarang ini, Sistem informasi menjadi sangat penting untuk membantu memudahkan setiap pekerjaan. Bidang Akunta...